News Ticker

Menu

Mengapa Aku Memilih Madzhab Syafi’iy


Para imam yang empat (radhiyallaahu ‘anhum), semuanya berada diatas kebaikan, petunjuk, dan kebenaran, namun aku mengutamakan Al-Imam Asy-Syaafi’iy (radhiyallaahu ‘anhu) diatas ketiganya karena sebab-sebab berikut ini :

1. Beliau tergolong ahlu bait Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasalam. Ahlu bait adalah : keturunan bani Haasyim dan bani Al-Muththalib, keduanya anak ‘Abd Manaaf bin Qushay. Nasab Asy-Syaafi’iy adalah : Abu ‘Abdillaah Muhammad bin Idriis bin Al-‘Abbaas bin ‘Utsmaan bin Syaafi’ bin As-Saa’ib bin ‘Ubaid bin ‘Abd Yaziid bin Haasyim bin Al-Muththalib bin ‘Abd Manaaf bin Qushay. Nasab beliau dan Nabi bertemu di ‘Abd Manaaf.
  1. Beliau berasal dari suku Quraisy, dan Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam pernah mensabdakan : Para imam (pemimpin) itu dari suku Quraisy, dahulukan suku Quraisy jangan mendahului mereka.
  2. Beliau adalah imam dalam tata bahasa Arab.
  3. Beliau menulis ushul madzhabnya dengan tangannya sendiri, lalu tersambung kepada kita dengan sanad yang shahih.
  4. Beliau menulis furu’ madzhabnya dengan tangannya sendiri, lalu tersambung kepada kita dengan sanad yang shahih.
  5. Mengambil fiqh ahlu ra’yi dari Al-Imam Muhammad bin Al-Hasan Asy-Syaibaaniy, murid Al-Imam Abu Haniifah. Beliau juga mengambil fiqh ahlu hadits dari Al-Imam Maalik bin Anas. Maka jadilah madzhabnya adalah madzhab pertengahan diantara dua madrasah (ahlu ra’yi dan ahlu hadits).
[Sayyidiy Asy-Syaikh Dr. An-Nu’maan Asy-Syaawiy hafizhahullah]
diambil dari tulisan Ustadz Tommi Marsetio di halaman facebook beliau www.facebook.com/tommi.marsetio/posts/1033100860102849

Share This:

Post Tags:

Yoga Setiawan

Admin blog yogasetiawan.blogspot.co.id ini. Seorang penyuka blog yang dengan blog ini berusaha untuk mengumpulkan ilmu-ilmu yang terserak. Semoga blog ini bermanfaat dan pengunjung dipersilahkan untuk membagikan isi blog ini dengan amanah.

No Comment to " Mengapa Aku Memilih Madzhab Syafi’iy "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM